Bismillahirrohmanirrohiiim

Desain Grafis dengan Inkscape

Buku ini berisi tutorial langkah demi langkah penggunaan Inkscape, program gambar desain grafis berbasis vektor yang mirip dengan CorelDraw, Freehand, atau Illustrator. Inkscape mendukung SVG (Scalable Vector Graphics) yang banyak digunakan di bidang desain grafis. Buku ini ditujukan untuk pengguna komputer yang baru belajar desain grafis maupun yang sudah menguasai program gambar lain namun ingin menguasai Inkscape.

Bab 1 hingga 3 membahas pengenalan Inkscape dan tools yang disediakan Inkscape untuk membuat gambar sederhana dan mengedit gambar yang telah ada, serta penggunaan bentuk dasar mengerti rotasi, scale dan skewing.

Bab 4 hingga 8 mengupas penggunaan ikon path dan control bar secara maksimal dengan perubahan effect pada gambar untuk membantu Anda menciptakan desain menarik. Beberapa menu yang dibahas adalah copy, duplicate dan clone, juga clip dan masking dalam pembuatan sebuah desain.

Bab 7 menjelaskan pengaturan posisi gambar Inkscape seperti program desain lainnya difasilitasi dengan tools untuk mengatur posisi obyek dalam kanvas, misalnya Lower to Bottom, Lower one level, Raise one level dan Raise to Front.

Bab 8 membahas pengelolaan obyek. Layer merupakan lapisan-lapisan yang dapat ditambahkan pada kanvas untuk menambahkan obyek baru. Pada layer juga dapat ditambahkan efek Blend seperti Multiply, Screen, Darken, Lighten dan Opacity.

Bab 9 membahas penambahan style obyek, antara lain style Stroke dan Fill pada sebuah obyek. Style pada obyek dapat diidentikkan dengan warna obyek. Warna obyek secara umum dibedakan atas warna solid, gradient dan pattern.

Bab 10 mengupas filter SVG, yang berbeda dengan filter dalam program-program desain grafis lain. Anda dapat menciptakan sebuah filter SVG baru dengan menggabungkan beberapa filter primitif menggunakan fasilitas Filter Editor.

Bab 11 menjelaskan pengelolaan warna dan template. Pengembangan untuk membuat template yang dibahas dalam bab ini adalah Perfect Bound Cover, yaitu dengan memodifikasi dokumen untuk membuat cover buku.

Bab 12 menjelaskan pengelolaan warna dan template. Pengembangan untuk membuat template yang dibahas dalam bab ini adalah Perfect Bound Cover, yaitu dengan memodifikasi dokumen untuk membuat cover buku.

Skill yang diperoleh:

Setelah membaca dan mencoba tutorial dalam buku ini, diharapkan Anda mampu menggunakan aplikasi Inkscape untuk kebutuhan kerja sehari-hari.

Penerbit:

DIAN RAKYAT

Pemesanan Langsung:

pesan@primabuku.co.id atau sirkulasi@infolinux.co.id

comment 0 komentar:

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
Modified by InU Hosting By DeKA